15 DBBC : My Confessions

Sengaja ikutan biar bisa update blog buku ini yang lama terbengkalai 🙂

Challenge ini berupa pertanyaan yang harus dijawab dan karena challengenya memang 15 hari jadi satu hari satu pertanyaan. Tapi kalau saya kayaknya nggak bisa setiap hari berturut-turut :mrgreen:

Untuk hari ke-1 membuat 15 pengakuan yang berhubungan dengan buku, dan inilah pengakuan saya 😀

1. Mewajibkan diri sendiri, paling tidak dalam satu bulan harus ada buku yang dibeli. Kalau soal ini sih, nggak diwajibkan pun banyak banget buku-buku yang pengen dibeli 😀

2. Suka banget bau buku baru, kalau pertama beli pasti pas dibuka langsung tanpa sadar nyiumin bau bukunya. Nggak tahu yah,  jadi semacam ritual atau kebiasaan 😆

3. Suka kalau harus nyampulin buku, nyampulin buku dengan sampul plastik bisa menjadi semacam relaksasi kalau buat saya, tenang dan menghanyutkan lama-lama ngantuk deh matanya haha. Kadang suka gatel kalau pas pinjem buku orang lain dan ternyata belum disampulin, jadi biasanya disampulin skalian hehe. Yah, itung-itung buat tanda terima kasih karena udah dipinjemin baca.

4. Kalau lagi ada book fair dan semacamnya biasanya merasa sayang kalau harus pulang cuma bawa satu dua buku, jadilah  borong sekalian, biasa aji mumpung, mumpung murah haha.

5. Sebelum tidur pasti bawa buku yang lagi dibaca ke tempat tidur, meski kadang juga nggak lanjut baca tapi ngerasa tenang kalau ada buku di sebelahnya. sebenernya sih biar kalau pas di tempat tidur pengen baca ya tinggal buka aja.

6. Membaca dengan pembatas buku itu wajib. Nggak suka banget kalau ada yang pinjam buku dan bacanya dengan cara melipat halaman, sebel banget deh. Makanya buku-buku selalu  saya beri pembatas terutama buku yang tidak ada pembatas bawaannya, biasanya yang dijadikan pembatas itu sticker2, atau gantungan merk baju atau celana :mrgreen:

7. Paling seneng nyebarin virus membaca sama orang-orang sekitar, kalau udah ada yang mulai berminat pasti deh  saya tawarin buku-buku saya untuk dia pinjem dan baca. Ingin membudayakan membaca dengan orang-orang dekat dan sekitar dulu.

8. Pecinta karya sastra dalam negeri, jadi kebanyakan hampir 90 persen koleksi buku itu karangan penulis dalam negeri. Nggak harus yang udah terkenal, kalau emang bukunya bagus meski baru nulis satu buku ya beli aja.

9. Seneng banget kalau dapet kado buku. *kode apa kode ini :mrgreen:

10. Sebelum beli buku selalu baca sinopsisnya dulu, atau kalau memang ada yang sudah dibuka ya dibaca-baca dulu, tertarik isinya beli kalau nggak ya nggak jadi beli.

11. Saya selalu memberi label pada buku saya seperti ini: Pustaka Pribadi, nama, alamat, dan blog. Tujuannya agar kalau ada yang pinjam dan dipinjamkan lagi nggak lupa untuk mengembalikannya 😆 lebih tepatnya memudahkan untuk pengembalian. Kadang saya sendiri lupa siapa yang pinjam buku apa. Kebanyakan juga nggak balik bukunya 😦

12. Kalau suka sama sebuah buku, nggak puas kalau cuman pinjem, jadi harus beli, karena suatu saat bisa dibaca ulang. Apalagi kalau bukunya menginspirasi.

13. Saya tidak terpaku pada satu jenis genre, tapi paling suka sastra Indonesia, dan kurang suka dengan cerita horor 🙂

14. Berhenti baca  buku di tengah jalan kalau bukunya membosankan, dan ditinggal baca buku yang lain dulu. Kalau sudah kehabisan bacaan baru deh dibaca lagi.

15. Impian, bukan hanya ingin menjadi pembaca tapi juga memiliki karya atau buku yang dibaca orang lain. Sementara baru satu antologi bareng temen-temen, next ingin karya sendiri yang keluar.. Semoga terwujud.. aamiin.

Nah itu dia pengakuan saya tentang segala hal yang berhubungan dengan buku 😀

Ada yang berminat ikutan? langsung saja ke tekape di blog April.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s