18+(Kumpulan Cerita:Pop, R&B and Soul, Jazz)

18+

Judul : 18+

Penulis : Joe Andrianus, Nungkie Handayani, Hendri Yulius

Penerbit : Elex Media Komputindo

Jujur saja saya tertarik beli buku ini karena covernya yang menarik dan unik, dan juga judulnya . 18+ merupakan kumpulan cerita yang berisi 18 cerita tentang cinta. awalnya saya menyangka buku ini disertai CD lagu yang masing-masing ceritanya ada  lagu tersendiri, ternyata konsepnya saja yang seolah itu adalah sebuah album musik. Buku ini terdiri dari 3CD dengan 3 aliran musik yaitu Pop, R&B and Soul dan Jazz.

CD1 Pop: Love Is Sweet berisi 6 cerita-cerita manis tentang cinta yang ditulis oleh Joe Adrianus. Mencumbu Pantai Pada Suatu Senja, mengawali rangkaian kisah cinta di CD1 ini. Berkisah tentang kesetiaan seorang kekasih yang terus menunggu kekasihnya yang terbaring sakit. Kekasihnya yang begitu mencintai menikmati senja di tepi pantai.

Kamu dan laut, ibarat badai yang melumat ; meluluhlantakkan, walau mata ini hanya mampu memandang kalian, jauh. Walau telinga ini hanya mendengar, bisik.

 Selanjutnya Kangen dalam Secangkir Kopi, berkisah tentang seorang perempuan yang mencintai kakak sahabatnya sendiri, yang juga sesama perempuan. Pelangi Asmaranggana, cerita ketiga yang mengingatkan saya pada cerita mitos bidadari turun dari langit saat pelangi datang, sepertinya cerita ini pun terinspirasi dari mitos tersebut. Cerita keempat, Bahagia Itu Sederhana, Bara, masih bercerita tentang cinta sesama jenis. Cerita Kelima, Lukisan Beno dan cerita keenam Titip Rindu Kepada Sang Hujan.

Cerita dalam CD1 ini buat saya kalau boleh dibilang kurang greget atau mungkin saya saja yang kurang bisa menikmatinya. Entahlah, meski tidak bisa dibilang buruk karena beberapa tema cukup fresh tapi setelah membaca ya sudah, tidak ada yang terngiang-ngiang dan meninggalkan kesan mendalam.

CD2 R&B and Soul: Lost In Love, penulis Nunkie Handayani dan masih sama berisi 6 buah cerita tentang cinta yang terpendam ataupun yang bertepuk sebelah tangan. Cerita pertama, Andai Malam Tidak Membisu agak membuat bingung dengan tokoh ‘aku’ di sini. Cerita kedua, Setangkup Ciuman dalam Cerita Cinta Yang Bertepuk Sebelah Tangan. Cerita ketiga, Rindu yang Tak Kesampaian bercerita tentang seorang anak yang sedari kecil hingga besar selalu merindukan ibunya. Tertidur, merupakan judul cerita keempat dalam CD2 ini, cerita yang sedih dan tragis dan ini salah satu ceriita yang saya suka. Cerita kelima, Kisah tentang Seorang Penakluk dan Piaraannya juga saya suka, piaraan disini adalah seorang perempuan simpanan yang selalu dipenuhi segala kebutuhan hidupnya, hingga suatu saat majikannya memiliki piaraan ‘perempuan’ lain dan tidak pernah lagi bercinta dengannya, maka pada suatu malam dia menggigit penis majikannya dan melarikan diri dari rumah majikannya. Cerita terakhir, Rahasia Aku dan Hujan, seorang perempuan yang memiliki kemampuan mengendalikan hujan

Kamu hanya perlu percaya kepada kekuatanmu, bantulah lebih banyak manusia di bumi ini

CD3 Jazz: Love Kills, penulis Hendri Yulius menceritakan 6 kisah yang memang kadang absurd dan  susah dipahami, tapi begitulah cinta. Cerita-cerita pada CD3 ini mengingatkan saya pada cerpen-cerpen karya Djenar Maesa Ayu, bukan karena sama tapi dari segi ide dan penceritaannya. CD3 ini diawali dengan Kado Sepasang Payudara untuk Kekasihku, tentang kisah seorang perempuan yang sudah memiliki keluarga tapi masih diam-diam mencintai kekasihnya yang juga seorang perempuan. Kekasihnya yang begitu posesif dan sangat menicntainya mengiriminya kado ulang tahun berupa sepasang payudara miliknya sendiri. Perempuan itupun karena ingin selalu berada dekat dan menyatu dengan kekasihnya maka ia memutuskan untuk memasang payudara tersebut, hingga suatu malam saat dia bercinta dengan suaminya, payudaranya mengeluarkan air seperti menangis.

Ceriita kedua, Aku Tersenyum dengan Bibir Meringis, obsesi cinta yang menjadikan seorang lelaki mencuri senyum dari perempuan yang dicintainya. Tiga Sonata Cinta menjadi cerita ketiga dan berisi 3 kisah cinta yang sedih. Cerita keempat, Kencan singkat dengan Supermodel yang ini ceritanya ngetwist deh. Cerita kelima, Boneka Ibu, cinta sederhana dalam kepolosan yang justru membawa petaka. dan yang terakhir adalah Cerita Pendek tentang Ciuman Pendek, sebuah perjalanan seorang perempuan mengejar impiannya untuk mendapatkan ciuman dari seseorang seperti kisah para putri dan  pangeran dari dalam dongeng.

Dari ketiga CD di atas yang paling saya nikmati adalah CD3 Jazz, hampir semua ceritanya saya suka dan juga quotenya:

Cinta tak selamanya indah: ada saatnya ia tampil absurd dan mustahil untuk dipahami, hadir tiba-tiba hanya untuk meninggalkan rasa perih, atau meracuni seseorang tanpa ada penawarnya.

‘Ne..

Advertisements

One thought on “18+(Kumpulan Cerita:Pop, R&B and Soul, Jazz)

  1. Thanks atas reviewnya. Tentang unsur cerita memang disesuaikan dengan tema CD lagu. Pop memang yang light, mungkin sampai lupa diingat. Jazz memang yang berat ceritanya dan Hip Hop in between. Once again, thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s